Uraian ini menceritakan contoh pentingnya sebuah permaaninan dalam membuka suatu season perkenalan dalam pelatihan untuk menghidupkan suasana pelatihan yang dinamis, dan komunikatif
PERKENALAN
Kisah Angka Angka
Permainan ini dipakai agar peserta mengenal satu sama lain dengan cara santai dan
menghapuskan kekakuan.
Langkah langkah :
• Mintalah seluruh peserta berhitung dari nomor 1 dan seterusnya sampai selesai ( habis)
• Minta setiap peserta mengingat nomor urutnya masing-masing dengan baik, jika perlu
lakukan pengujian dengan menyebut secara acak beberapa angka dan minta peserta yang
disebut nomornya utntuk menyahut ‘ya’!, atau tunjuk beberapa orang peserta secara acak
dan tanyakan nomor urut berapa dia .
• Tegaskan sekali lagi apakah mereka benar – benar mengingat nomor urutnya masing –
masing.
• Setelah yakin, jelaskan bahwa anda akan menyampaikan suatu berita atau suatu cerita
tertentu di mana dalam sepanjang cerita itu akan disebut sejumlah angka – angka. Peserta
yang disebut angka atau nomor urutnya diminta segera berdiri dan langsung meneriakkan
namanya keras – keras kepada seluruh peserta lain. Jika terlambat 3 detik, peserta
dikenakan hukuman ramai – ramai oleh peserta lain. Hukuman berupa hal – hal yang
menghibur dan membuat akrab peserta.
• Tanyakan kepada peserta apakah mereka paham peraturan tersebut ?, jika perlu ulangi
sekali lagi dan berikan contoh.
• Mulai bercerita, misalnya : saudara – saudara, latihan ini sebenarnya sudah direncanakan
sejak 5 bulan yang lalu, tapi karena beberapa hal, barulah 3 bulan yang lalu ada kejelasan
dan kemudian dipersiapkan oleh 8 orang panitia ……….. dst. Atau cerita lain yang anda
karang sendiri pada saat itu ( yang penting, dalam cerita itu ada disebutkan angka –
angka nomor urut peserta setiap satu kalimat atau setiap selang satu menit ).
• Lakukan sampai separuh peserta tersebut nomornya atau seluruhnya (bergantung kepada
kecepatan anda dan peserta dan sesuai dengan waktu yang tersedia)
• Lakukan diskusi dengan peserta tentang apa makna permainan ini dan dapat digunakan
untuk apa saja dalam kegiatan latihan, termasuk perasaan – persaan peserta sendiri.
• Simpulkan
PERKENALAN
Kisah Angka Angka
Permainan ini dipakai agar peserta mengenal satu sama lain dengan cara santai dan
menghapuskan kekakuan.
Langkah langkah :
• Mintalah seluruh peserta berhitung dari nomor 1 dan seterusnya sampai selesai ( habis)
• Minta setiap peserta mengingat nomor urutnya masing-masing dengan baik, jika perlu
lakukan pengujian dengan menyebut secara acak beberapa angka dan minta peserta yang
disebut nomornya utntuk menyahut ‘ya’!, atau tunjuk beberapa orang peserta secara acak
dan tanyakan nomor urut berapa dia .
• Tegaskan sekali lagi apakah mereka benar – benar mengingat nomor urutnya masing –
masing.
• Setelah yakin, jelaskan bahwa anda akan menyampaikan suatu berita atau suatu cerita
tertentu di mana dalam sepanjang cerita itu akan disebut sejumlah angka – angka. Peserta
yang disebut angka atau nomor urutnya diminta segera berdiri dan langsung meneriakkan
namanya keras – keras kepada seluruh peserta lain. Jika terlambat 3 detik, peserta
dikenakan hukuman ramai – ramai oleh peserta lain. Hukuman berupa hal – hal yang
menghibur dan membuat akrab peserta.
• Tanyakan kepada peserta apakah mereka paham peraturan tersebut ?, jika perlu ulangi
sekali lagi dan berikan contoh.
• Mulai bercerita, misalnya : saudara – saudara, latihan ini sebenarnya sudah direncanakan
sejak 5 bulan yang lalu, tapi karena beberapa hal, barulah 3 bulan yang lalu ada kejelasan
dan kemudian dipersiapkan oleh 8 orang panitia ……….. dst. Atau cerita lain yang anda
karang sendiri pada saat itu ( yang penting, dalam cerita itu ada disebutkan angka –
angka nomor urut peserta setiap satu kalimat atau setiap selang satu menit ).
• Lakukan sampai separuh peserta tersebut nomornya atau seluruhnya (bergantung kepada
kecepatan anda dan peserta dan sesuai dengan waktu yang tersedia)
• Lakukan diskusi dengan peserta tentang apa makna permainan ini dan dapat digunakan
untuk apa saja dalam kegiatan latihan, termasuk perasaan – persaan peserta sendiri.
• Simpulkan